Metode Pembelajaran Resume Kelompok, Active Learning



resume kelompok

Active Learning

Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak karena merekalah yang akan belajar. Anak didik merupakan individu yang berbeda satu sama lain, memiliki keunikan masing-masing yang tidak sama dengan orang lain. Oleh karena itu pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan-perbedaan individual anak tersebut, sehingga pembelajaran benar-benar dapat merobah kondisi anak dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham serta dari yang berperilaku kurang baik menjadi baik. 

Kondisi riil anak seperti ini, selama ini kurang mendapat perhatian di kalangan pendidik. Hal ini terlihat dari perhatian sebagian guru/pendidik yang cenderung memperhatikan kelas secara keseluruhan, tidak perorangan atau kelompok anak, sehingga perbedaan individual kurang mendapat perhatian. Gejala yang lain terlihat pada kenyataan banyaknya guru yang menggunakan metode pengajaran yang cenderung sama setiap kali pertemuan di kelas berlangsung.

Dalam metode active learning (belajar aktif) setiap materi pelajaran yang baru harus dikaitkan dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang ada sebelumnya. Materi pelajaran yang baru disediakan secara aktif dengan pengetahuan yang sudah ada. Agar murid dapat belajar secara aktif guru perlu menciptakan strategi yang tepat guna sedemikian rupa, sehingga peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. (Mulyasa, 2004:241)

Unsur-unsur dasar pembelajaran Active adalah sebagai berikut :

a) Siswa dan kelompoknya haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama.
b) Siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu di dalam kelompoknya seperti milik mereka sendiri.
c) Siswa haruslah melihat bahwa semua anggota di dalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama
d) Siswa haruslah mencapai tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
e) Siswa akan dikenakan evaluasi atau diberikan hadiah/penghargaan yang juga akan dikenakan untuk semua anggota kelompok.
f) Siswa berbagai kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilah untuk belajar bersama selama proses belajarnya.
g) Siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok yaitu resume kelompok

Resume Kelompok 

menjelaskan hal-hal yang telah dicapai individu. Resume kelompok merupakan cara menarik untuk membantu siswa lebih mengenal satu sama lain atau melakukan semacam pembentukan tim yang anggotanya sudah saling mengenal. Aktivitas ini bisa sangat efektif jika resume itu sangat relevan dengan materi pelajaran yang anda ajarkan.
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resume kelompok (group resume) dapat dilaksanakan dengan baik, dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Aspek aktivitas belajar siswa seperti 
(1) aspek bertanya, 
(2) aspek menjawab,
(3) aspek berdiskusi,
(4) aspek melaporkan, 
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas bertanya, menjawab, berdiskusi dan melaporkan hasil penyusunan resume atau ringkasan kelompok oleh siswa.

Baca juga :

Langkah-langkah Penerapan Metode Resume kelompok

Kegiatan Awal

  • Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
  • Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
  • Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
  • Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
  • Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

 Kegiatan Inti

  1. Bagilah kelas menjadi sejumlah kelompok beranggotakan 3 hingga 6 siswa.
  2. Katakan kepada siswa bahwa aktivitas ini akan menggali bakat mereka dan merupakan pengalaman yang luar biasa.
  3. Katakan bahwa satu cara untuk mengenali dan membanggakan sumber daya kelas adalah dengan membuat resume kelompok. (Anda mungkin perlu menunjukkan tugas atau kontrak imajiner yang akan ditawarkan kepada kelas.)
  4. Berikan kertas koran dan spidol kepada kelompok untuk menunjukkan resume mereka. Resume ini harus mencantumkan informasi yang membanggakan kelompok secara keseluruhan, data-data berikut ini bisa disertakan di dalamnya:
    •    Latar belakang pendidikan; sekolah yang sudah dimasuk
    •    Pengetahuan tentang isi mata pelajaran
    •    Pengalaman bekerja
    •    Posisi yang diduduki
    •    Ketrampilan
    •    Hobi, bakat, perjalanan, keluarga
    •    Prestasi
   5. Perintahkan semua kelompok untuk rnenyajikan re­sume dan memaparkan       semua sumberdaya dalam keseluruhan kelompok. Berikut adalah resume         yang bisa dibuat oleh kelompok dalam pelajaran tulis-menulis bisnis:

Kegiatan Akhir/penutup
  • Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi belajar
  • Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
  • Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
  • Menanamkan nilai-nilai dan pesan-pesan positif bagi siswa
  • Melakukan relaksasi bersama untuk menjernihkan daya pikir
  • Mengakhiri pelajaran dengan mengucap salam dan hamdalah

 Variasi

  1. Untuk mempercepat kegiatan tersebut, berikan garis-garis besar resume yang telah dipersiapkan yang isinya menyebutkan informasi apa saja yang mesti dikumpulkan
  2. Perintahkan siswa untuk saling mewawancarai tentang kategori yang anda sediakan, bukannya memlnta siswa menyusun resume sendiri.
Demikian Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Pembelajaran Resume Kelompok, Active Learning"

Post a Comment