Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas
Dalam model pembelajaran berpusat pada siswa terdapat dua model pembelajaran, yaitu:
1. Model pembelajaran cooperativelearning 2. Model pembelajaran problem based Learning
Pada bagian 5 ini kita akan membahas model pembelajaran DEBATE, ROLE PLAYING, GROUP INVESTIGATION DAN TALKING STICK
Langkah-langkah
:
- Guru membagi 2 kelompok peserta
debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
- Guru memberikan tugas untuk
membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
- Setelah selesai membaca materi,
Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu,
kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
- Sementara siswa menyampaikan
gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai
mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
- Guru menambahkan konsep/ide
yang belum terungkap
- Dari data-data yang diungkapkan
tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu
pada topik yang ingin dicapai.
Langkah-langkah
:
1. Guru menyusun/menyiapkan skenario
yang akan ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk
mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
3. Guru membentuk kelompok siswa yang
anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai
5. Memanggil para siswa yang sudah
ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing-masing siswa berada di
kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai ditampilkan,
masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan
masing-masing kelompok.
8. Masing-masing kelompok menyampaikan
hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan secara
umum
10. Evaluasi
11. Penutup
Langkah-langkah
:
- Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
- Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
- Guru
memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas
yang berbeda dari kelompok lain
- Masing-masing
kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan
- Setelah
selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan
kelompok
- Guru
memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
Langkah-langkah
:
- Guru menyiapkan sebuah tongkat
- Guru menyampaikan materi pokok
yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membaca dan mempelajari materi.
- Setelah selesai membaca materi/buku
pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
- Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap
pertanyaan dari guru
- Guru memberikan kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
0 Response to "Model Pembelajaran Efektif : Debate, Role Playing, GI dan Talking Stick"
Post a Comment