Metode Pembelajaran Bertukar Tempat, Active Learning

metode bertukar tempat

Metode Pembelajaran "Bertukar Tempat" memungkinkan siswa untuk lebih mengenal. berbagi pendapat dan membahas gagasan, nilai-nilai atau pemecahan masalah baru.

Metode Ini merupakan cara yang luar biasa bagus untuk meningkatkan keterbukaan-diri atau bertukar pendapat secara aktif.

LANGKAH- LANGKAH


Berikan siswa satu buku catatan merek apa saja. [Putuskan apakah aktivitasnya akan berjalan lebih baik dengan membatasi siswa pada satu atau beberapa sumbang saran.

Mintalah mereka untuk menulis pada buku catatan tersebut salah satu dari hal-hal berikut ini:

  1. Nilai-nilai yang mereka anut
  2. Pengalaman. yang mereka dapatkan belakangan ini.
  3. Gagasan. atau solusi kreatif atas persoalan yang anda kernukakan
  4. Pertanyaan yang mereka miliki tentang materi yang diajarkan di kelas
  5. Pendapat mereka tentang topik yang anda pilih.
  6. Fakta tentang mereka sendiri dan mata pelajaran di kelas.
Perintahkan siswa untuk melekatkan kertas catatan pada baju mereka dan berkeliling di sekitar ruang kelas untuk saling membaca catatan mereka. 

Selanjutnya, perintahkan siswa untuk kembali ke kelompok masing-masing dan merundingkan pertukaran catatan satu sama lain. Pertukaran itu harus didasarkan pada keinginan untuk memiliki nilal, pengalaman. gagasan, pertanyaan, pendapat atau fakta tertentu dalam jangka pendek. Buatlah aturan bahwa semua pertukar­an harus berlangsung timbal-balik. Perintahkan siswa, untuk melakukan pertukaran sesering mungkin. 

Perintahkan siswa untuk kembali ke tempat masing-masing dan berbagi pengalaman tentang pertukaran apa yang telah dia lakukan dan apa sebabnya. (Misalnya, "Saya bertukar catatan dengan Sally, yang isinya menjelaskan bahwa dia pemah mengunjungi Eropa Timur. Saya sungguh ingin bepergian ke sana karena saya memiliki leluhur dari Hungaria dan Ukraina.")


Baca Juga :
MetodePembelajaran Diskusi dan langkah-langkahnya
Metode Pembelajaran Prediksi dan langkah-langkanya
Metode Pembalajaran, bertukar pasangan
Metode pembelajaran, berbagi pengetahuan
Model Pembelajaran Number Head Together
VARIASI

Perintahkan siswa untuk membentuk sub kelompok, bukannya bertukar catatan, dan suruhlah siswa mendiskusikan isi catatan mereka. 

Perintahkan siswa untuk menempelkan catatan mereka di tempat terbuka (misalnya papan tulis, whiteboard. dsb) dan diskusikan persamaan dan perbedaannya.

Selamat Mencoba 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Metode Pembelajaran Bertukar Tempat, Active Learning"

Post a Comment