Amanat Pembina Upacara dan Pidato Sekolah Terbaru



Amanat Pembina Upacara dan Pidato Sekolah

Motivasi

Assalamu alaikum wr.wb.
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anak SMA ........yang bapak Cintai
Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada pagi hari yang cerah ini.
Ada satu kekhawatiran yang mungkin perlu kita pahami bersama pada jaman yang semakin maju ini. Bapak membayangkan bagaimana jaman sekarang yang pada kenyataannya begitu ketat persaingan kerja dan beban hidup makin berat bisa dengan lebih ringan bisa kalian lewati.
Tentu ini merupakan bahan pemikiran bersama baik kalian yang saat ini sedang menempuh ilmu di sekolah kita tercita ini. Juga kami sebagai guru kalian yang mendidik kalian semua di sekolah ini. Kita harus mampu bekerja sama demi kalian. Rasanya akan sulit jika hanya kami yang semangat untuk mencetak kalian untuk berhasil sementara kalian sendiri malas-malasan.
Sejak sekaranglah diri kalian harus dipikirkan mau kemana kalian melangkah, apa yang sudah dan harus dipersiapkan untuk menghadapi kehidupan penuh persaingan itu.
Anak-anakku yang bapak banggakan
Tidak satu sekolah pun yang ingin melihat lulusannya gagal tetapi justru sebaliknya. Kita semua akan bahagia dan bangga ketika melihat pra lulusannya menjadi orang-orang sukses, menjadi orang-orang besar.
Apa langkah nyata yang bisa kalian lakuka mulai saat ini. Salah satu yang pasti adalah kalian harus rajin belajar dan bertekad untuk menghasilkan prestasi yang membanggakan.
Kemudian kalian bisa mengikuti satu atau lebih kegiatan sekolah ekstra kurikuler yang bisa meningkatkan kemampuan kalian dalam bergaul, berkomunikasi dan memiliki tingkat kematangan sikap maupun berpikir. Aktivlah pada organisasi sekolah yang kalian minati. Dari situ kalian bisa menempa diri, menambah pengalaman dan pengetahuan.
Bangunlah karakter kalian yang positif. Bagaimana kalian bersikap, berbicara maupun memilih tean dan lingkungan bergaul. teman dan lingkungan pergaulan yang kalian akan bisa sangat menentukan dan mempengaruhi kalian. Makanya kaian harus lebih hati-hati jangan sampai terjerumus kepada hal-hal buruk akibat pengaruh teman dan lingkungan kalian.
Semua yang kalian bangun dari sekarang akan kembali lagi kepada kalian. Jika kalian menanam kebaikan maka kalian akan memetik kebaikan juga.

Hidup adalah pilihan yang kalian tentukan sendiri. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa klaian untuk menjadi ini dan itu kecuali kalian sendiri. Dan jangan salahkan siapa pun jika kalian terjerumus kepada kebangrutan atau kegagalan dimasa depan. Karena semua itu adalah hasil pilihan kalian sejak awal.
Mulailah dari hal kecil
Mulai dari diri sendiri
mulailah dari saat ini
Semoga kalian semua menjadi orang-orang sukses di masa depan. Mohon maaf jika ada kata-kata bapak yang tidak berkenan. Semoga ada manfaatnya buat kalian dan semoga ini menjadi renungan kalian.
Wassalamu 'alaikum wr.wb.

Amanat Pembina Upacara : Generasi Muda Berkarakter

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang Saya Hormati Bapak Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Generasi Muda Berkarakter.
Sebagai mana yang diketahui bahwa ranting kayu yang masih muda masih bisa diluruskan atau dibengkokkan. Tapi ranting kayu yang sudah tua, bila diluruskan atau dibengkokkan akan patah.
Generasi muda adalah generasi yang masih dalam masa pertumbuhan dan masa produktif. Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Kemakmuran bangsa di masa yang akan datang bergantung pada generasi muda yang berakhlak, rajin, dan pintar. Oleh karena itu, negara dan masyarakat sangat berkepentingan dalam pendidikan generasi muda.
Penanaman karakter atau akhlak mulia akan lebih efektif bila dilaksanakan di masa muda. Karena efektifitas tersebut maka kewajiban belajar itu dilaksanakan pada usia muda pula.
Faktor keluarga sangat berpengaruh terhadap karakter generasi muda. Karena keluarga adalah lingkungan terkecil dan terdekat yang memiliki sentuhan langsung dengan anggota keluarganya. Seperti kata pepatah; buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap karakter. Bila lingkungannya baik maka akan memupuk karakter yang baik untuk menjadi semakin baik. Faktor sekolah atau pendidikan formal juga sangat berpengaruh terhadap karakter generasi muda. Seseorang yang berpendidikan tinggi akan berbeda dengan yang berpendidikan rendah. Output pendidikan militer akan berbeda dengan kedokteran dan sebagainya.
Membiasakan berbuat baik, berkata benar, disiplin, jujur, rajin adalah jalan terbaik membentuk karakter. Bila ingin memiliki karakter yang baik tapi tidak bisa, maka berpura-puralah baik. Teruslah demikian sepanjang hidup. Hingga suatu saat kebiasaan baik tersebut akan melekat dan membentuk karakter yang baik secara permanen. Semoga generasi muda Indonesia semakin berkarakter.
Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Amanat Pembina Upacara : Semangat Belajar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Semangat Belajar
Bayi yang baru lahir, tidak punya kepintaran apapun. Beberapa bulan kemudian ia belajar berdiri  dan belajar berjalan. Ia belajar berbicara bahasa ibu. Beberapa tahun kemudian ia sekolah dan menjadi pintar. Ada yang menamatkan sekolah dokter, maka ia menjadi dokter. Ada yang menamatkan sekolah polisi, maka ia menjadi polisi. Ada yang menamatkan sekolah tentara, maka ia jadi tentara. Ada yang menamatkan sekolah guru, maka ia menjadi guru dan seterusnya.
Orang yang punya cita-cita, akan berusaha meraih cita-citanya. Ia berusaha meraih cita-citanya dengan belajar. Ia memiliki semangat belajar. Hari-harinya dijalani dengan penuh semangat. Orang yang hari-harinya penuh semangat, akan jauh dari penyakit, dibandingkan dengan orang yang tidak semangat. Ia menjadi lebih semangat, karena cita-citanya sejalan dengan hobinya.
Semangat belajar itu penting, siswa yang semangat belajar akan disayangi guru dan disegani oleh teman-teman. Di sekolah akan bertambah banyak siswa yang ingin berteman dengannnya. Siswa yang semangat belajar akan aktif dalam berbagai aktifitas di sekolah. Aktifitas tersebut sangat bermanfaat bagi masa depannya, untuk meraih cita-cita.
Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Amanat Pembina Upacara : Persatuan dan Kesatuan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah beserta staf
Yang Terhormat Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Tersayang siswa/siswi yang berbahagia.
Pada hari Senin ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul persatuan dan kesatuan.
Sebagaimana yang diketahui bahwa sebatang lidi dapat dengan mudah dipatahkan, tapi seikat sapu lidi sulit untuk dipatahkan. Untuk mematahkannya, maka bukalah ikatannya, lalu patahkanlah lidinya satu persatu.
Negara Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dan ribuan suku bangsa. Dahulu Indonesia pernah dijajah selama 350 tahun. Penjajah menggunakan prinsip devide et impera yang artinya memecah belah dan menjajahnya. Suku bangsa- suku bangsa di Indonesia dipecah belah lalu dijajah satu persatu.
Selama 350 tahun Indonesia tidak bisa menang melawan penjajah, karena Indonesia tidak bersatu. Lalu pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda di seluruh Indonesia bersumpah untuk bersatu. Akibat dari persatuan tersebut maka tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia bisa merdeka.
Demikianlah pentingnya persatuan dan kesatuan bagi negara Indonesia. Oleh karena itu yang sangat dibutuhkan oleh NKRI adalah pemimpin yang bisa mempersatukan Indonesia. Bukan pemimpin yang selalu gaduh, serta memicu konflik yang memecah belah persatuan.
Gelar Profesor, Jenderal, Kyai, Pendeta dan gelar-gelar lainnya, bukan jaminan kapabilitas untuk mempersatukan Indonesia. Tapi setidaknya gelar-gelar tersebut dapat menambah kepercayaan rakyat untuk mempersatukan Indonesia. Semoga Indonesia tetap bersatu.
Demikianlah amanat pembina upacara pada hari Senin ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Amanat Pembina Upacara "Pengendalian Diri"

Assalaamu ‘alaikum Wr, Wb Yang saya hormati Bapak Kepala SMA.............., Bp. ............... Yang saya hormati Bp. Wakil dan Staf, Bp Ibu Guru dan Karyawan, serta anak-anak sekalian yang Bapak harapkan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke Hadirat Alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan Upacara Bendera. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW Seperti biasanya setiap pelaksanaan Upacara perlu kita evaluasi, agar kita mengetahui kekurangan –kekurangannya sehingga pelaksanaan upacara yang akan datang menjadi lebih baik.
Dari segi Petugas Upacara pada pagi hari ini cukup baik , meskipun tadi kita saksikan bersama, petugas pengibar bendera kurang sempurna dalam pelaksanaannya. Itulah pentingnya sebelum pelaksanaan upacara, petugas harus berlatih, berlatih dan berlatih, agar pelaksanaan upacara menjadi lebih baik. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan materi dengan judul : Pengendalian diri.
Pelaksanaan Upacara Bendera pada setiap hari Senin hendaknya jangan hanya sebagai seremonial belaka, sebagai rutinitas yang kurang bermakna. Tapi marilah setiap kegiatan upacara kita gunakan sebagai ajang untuk pengendalian diri kita. Agar selama pelaksanaan upacara ini kita bisa mengendalikan diri untuk bersikap sempurna. Dalam bahasa ilmiahnya, kita ini selalu berada dalam ruang dan waktu, berada dalam lingkungan. Kita ini bagian dari masyarakat pendidikan, berarti ada lingkungan sekolah. Coba, mulai dari masuk pintu gerbang sekolah, hendaklah kalian sudah mulai bisa mengendalikan diri, misalnya bagaimana menghormati Bapak, Ibu Guru dan karyawan, bagaimana bisa tampak rapih tanpa ditegur oleh Bapak / Ibu Guru.
Contoh pengendalian diri yang lain misalnya setiap bel berbunyi untuk ganti pelajaran, hendaknya anak-anak jangan pada berkeliaran ke luar kelas, keculi kalau memang pada jam berikutnya harus pindah ruangan misalnya ke LAB atau pelajaran Olah Raga. Kemudian kalau jam pelajaran terakhir telah usai, jika sudah tidak ada kepentingan lagi di sekolah, hendaknya anak-anak segera pulang ke rumah masing-masing, karena orang tuamu telah menunggu-nunggumu di rumah. Jangan sampai diusir-usir diteriaki melalui pengeras suara. Jangan nongkrong-nongkrong, bergerombol yang tiada gunanya, yang hanya akan memancing suasana untuk berbuat yang negative.
Jangan sampai mau kalau ada pihak yang mencoba untuk mengajak tawuran Selanjutnya, dalam lingkungan keluarga, tentu saja ada peraturan dalam keluarga, ada orang tua, kakak atau adik, bagaimana bentuk pengendalian diri ? Yang punya kakak harus menghormati kakaknya, yang punya adik harus menyayangi adiknya. Kalau ada PR misalnya, , harus segera dikerjakan jangan membiasakan diri untuk menunda-nunda pekarjaan. Bagaimana kita harus menghormati kedua orang tua, baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada. Melalui mimbar ini saya ingatkan bahwa kepada kedua orang tua, bentuk pengendalian diri kita adalah bahwa kita harus menghormati, menyayangi kedua orang tua kita, jangan sampai orang tua kita sakit hati pada kita gara-gara sikap dan perilaku kita, jangan suka membentak. Pada dasarnya setiap nasihat orang tua wajib kita dengarkan, kita ikuti. Tapi ada satu nasihat/ ajakan orang tua kita yang tidak boleh kita ikuti, kita turuti, yaitu jika orang tua kita mengajak kita kepada kesyirikan.
Untuk hal yang satu ini, kita boleh menolaknya, tapi juga harus dengan bahasa yang santun, jangan sampai menyakiti hati orang tua, kita tetap harus menjalin hubungan yang baik kepada keduanya. Jika kita semua bisa mengendalikan diri dengan baik di mana kita berada, alangkah indahnya hidup ini, bagaikan planet-planet yang beredar pada lintasannya , tidak ada benturan-benturan, selaras, serasi dan seimbang. Dalam hidup ini memang banyak kendala-kendala, tapi hendaknya bisa menjadi kendali untuk memacu kita dalam meraih sukses.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga ada manfaatnya.
Wabillahittaufiq Wal hidaayah , Wassalaamu’alaikum Wr, Wb


Contoh Pidato Tema Generasi Muda Tanpa Narkoba

Assalamu allaikum wr. wb
Pertama marilah kita panjatkan puji syukur atas berkah dan rahmat yang telah allah berikan pada kami, sehingga kita dapat berkumpil dalam keadaan sehat walafiat tanpa ada halangan apapun.
Tak lupa shalawat serta salam kita limpahkan kepada nabi muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafaatnya pada hari akhir nanti. Allahuma aamiin.
Hadirin dan hadirat yang saya mulyakan pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang “ GENERASI MUDA TANPA NARKOBA “.
Para hadirin pada sekarang ini banyak para generasi penerus bangsa yang sudah menggunakan narkoba. Bukan hanya para artis muda, para pejabat tinggi, akan tetapi yang memprihatinkan para kalangan pelajar sudah banyak yang mencicipi narkoba.
Hal ini sangat merugikan diri sendiri karena mereka yang mengkonsumsi narkoba tidak dapat melihat masa depan yang indah yang ada adalah masa depannya suram.
Para hadirin semuanya banyak penyebab para generasi muda mengkonsumsi narkoba yaitu kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua, pergaulan bebas dengan lingkungan ataupun teman – temannya. Dan pengaruh yang sangat kuat adalah dari lingkungan dan pergaulan teman dekat, karena tak selamanya teman dekat itu akan membawa kita dalam hal yang positif tapi akan menjadi sebaliknya yaitu membawa kita dalam hal yang negatif dan merugikan kita.

Para hadirin orang yang mengkonsumsi narkoba mempunyai banyak ciri – ciri antara lain yaitu matanya merah, wajah kelihatan kusam, emosinya tidak dapat di kendalikan, pingsan karena kelelahan, halusinasinya sangat tinggi, dan masih banyak lagi. Dari berbagai ciri – ciri di atas kita dapat membedakan di antara teman kita mana yang sudah menggunakan narkoba dan mana yang belum menggunakan narkoba.
para hadirin semuanya hati – hati dengan narkoba, karena narkoba tidak hanya berbentuk seperti tablet, serbuk dan lain – lain.
Akan tetapi narkoba dapat dicampurkan pada rokok, minuman ringan, dan makanan ringan. Dan yang lebih sering narkoba dapat dicampurkan pada rokok karena anak pemuda sekarang juga banyak yang merokok. Maka dari itu hati – hati lah jika membeli makanan atau minuman, jangan menerima makanan atau minuman dari orang yang belum kita kenal.
Namun para hadirin semua tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengatasi generasi muda agar tidak terjebak di dalam kenikmatan narkoba, khusunya untuk para pelajar dengan cara meningkatkan iman kita, menjaga pergaulan dengan teman, sering sharing kepada orang tua jika ada masalah, sering mengadakan sosialisasi, memberikan pengetahuan kepada para pelajar tentang bahayanya narkoba pada diri sendiri.
Dan jika anak ataupun teman kita ada yang sudah memakai narkoba akan tetapi kita tidak memrehabilitaskan dia dan kita menyembunyikan dia, maka kitalah yang akan masuk kedalam penjara, karena membiarkan orang yang mengkonsumsi narkoba. Jangan anda merasa kasian jika anak ataupun teman dekat anda masuk kedalam rehabilitas dan penjara. Karena jika kita kasian pada mereka berarti kita akan membiarkan mereka hancur.
Dan banyak pula akibat yang di timbulkan dari orang yang sering menggunakan narkoba pada generasi muda penerus terutama pada kalangan pelajar yang dapat merusak kinerja otak, menurunkan semangat belajar, menjadikan diri sering ketergantungan dan lebih bahayanya lagi jika terus menerus mengkonsumsi narkoba akan berakibat fatal dan masa depan yang kita inginkan menjadi hancur.
Hadirin dan hadirat yang saya hormati begitulah ancaman yang di berikan oleh narkoba yang hanya nikmat sesaat saja. Nikmat yang di berikan cukup sedikit dari pada sakit yang di berikan. Wahai para teman – temanku katakan tidak untuk narkoba agar kalian terhindar dari narkoba yang dapat menyesatkan diri, karena sekali mencoba pintu neraka akan terbuka untuk kita selamanya. Marilah para hadirin dan hadirat kita satukan tekad untuk membrantas narkoba, agar generasi muda penerus bangsa tidak terjerat oleh narkoba.
Pesan saya untuk para generasi muda jagalah diri kalian dari nikmat sesaat, karena narkoba bukan segalanya bagi kita. Utamakan masa depan gemilang dari pada kenikmatan.
Sekian pidato dari saya ada kurang lebihnya dari pidato saya dan jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.
Akhir kata wasalamu allaikum wr. Wb


Kunci Sukses Meraih Keberhasilan Dunia dan Akherat



Contoh Pidato ini ber tema Bekal Hidup
Judul : 
Assalamu alaikum wr.wb.
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anak SMA......... yang bapak Cintai
Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada pagi hari yang cerah ini.
Ternyata ada banyak orang-orang, yang bukan hanya remaja tetapi juga para orang tua, yang tidak mengenal apa lagi memahami apa saja bekal hidup sehingga bisa mengatarkan kepada keberhasilan yang gemilang.
Tentu ini sangat menarik untuk kita semua ungkap sebagai bahan pemikiran dan renungan agar kita pun bisa meraih sukses sebagaimana yang kita impikan.
Inilah rahasianya!!


Ada sebuah keterangan "Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi,Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, Wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi, Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi. " (al Hadits)
Siapa yang menginginkan dunia maka harus dengan ilmu, siapa yg menginginkan akhirat maka dengan ilmu, dan barang siapa yg ingin keduanya maka harus dengan ilmu.
Ilmu adalah kunci dari dunia dan kunci dari Akhirat.
Anak-anakku yang bapak banggakan
Semua bidang entah itu bidang apapun memang harus dilandasi dengan keilmuan untuk mencapai target yang di dapat. namun yang paling utama adalah ilmu Agama, karena dengan ilmu Agama semua menjadi terarah, tidak sembrono, dan sekaligus pastinya dilandasi dengan ibadah.
Seorang berdagang misalnya, ia ingin mendapatkan sebuah untung yang lebih maka ia harus pintar dalam hitung-hitungan, modalnya berapa, harga jualnya berapa dan lain-lain, nah jika ia tidak mempunyai ilmu agama tentu kecurangan akan menghinggapi hati dan perasaannya.
Dengan ilmu dunia ini dapat kita raih namun untuk menjadikannya sekaligus sebagai pijakan kita di akhirat ilmu agama kita perlu perdalam lagi. Banyak cara untuk mendapat ilmu. Ilmu apa saja pasti bermanfaat.
Jadi apa yang bisa kalian lakukan dalam jangka pendek ini adalah tiada lain belajar dengan baik. Karena inilah masa dimana kalian sedang menuntut ilmu di sekolah ini. Belajarlah yang rajin agar kalian menjadi murid-murid dengan prestasi membanggakan.
Mulai sekarang mari kita betulkan niat kalian agar dalam menuntuk ilmu selama disekolah ini benar ikhlas. Dengan demikian maka tidak akan ada kabar salah satu dari teman kalian bolos, jadi genk motor, kena kasus narkiba, balapan liar, melawan guru dan orang tua, dan sikap negatif lainnya.
Semoga kalian semua menjadi orang-orang sukses di masa depan. Mohon maaf jika ada kata-kata bapak yang tidak berkenan. Semoga ada manfaatnya buat kalian dan semoga ini menjadi renungan kalian.
Wassalamu 'alaikum wr.wb.


Menyiapkan Diri memenangkan Dunia Kerja Penuh Persaingan

Assalamu Alaikum wr.wb


Yang Kami Hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang Bapak Banggakan Anak-anaku Seluruh Siswa SMA ...........Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.
Ada salah satu hal yang biasanya dirasakan oleh siswa sebagai beban yaitu adanya tata tertib sekolah. Padahal tidak ada satu sekolah pun di dunia ini yang tidak memiliki tata tertib.
Tata tertib adalah aturan. Segalanya perlu aturan untuk membuat sesuatu berjalan dengan baik dan lancar. Naik mobil atau motor perlu aturan, menggunakan kendaraan di jalan perlu aturan, masuk rumah sakit perlu aturan, masuk terminal ada aturan, mau sholat ada aturannya. Bahkan mau makan pun ada aturannya. Semua ada aturannya jika benar-benar ingin hasilnya bagus. Kita ketika makan harus pakai tangan kanan dan jika pake tangan kiri tentu banyak orang yang jijik. Apa yang kalian bayangkan ketika makan menggunakan tangan kiri. Mengapa hal ini terjadi? karena tangan kiri biasanya digunakan untuk memegang yang kotor-kotor.
Bapak ingin bertanya! Tangan mana yang kalian gunakan untuk bersih-bersih bekas buang air besar. Nah mungkin inilah yang terbayang oleh kita semua ketika makan menggunakan tangan kiri.
Anak-anaku siswa SMA N............... yang Bapak cintai.
Apa pun yang dilakukan tanpa adanya aturan maka hasilnya akan mengecewakan. Karena itulah dibutuhkan tata tertib untuk mengatur semuanya agar proses belajar mengajar berjalan lancar dengan menghasilkan lulusan yang memuaskan.

Ketika ada tata tertib maka kalian jadi tahu apa saja yang boleh dilakukan dan apa yang tidak. Dan wajar jika sekolah memberikan sangsi kepada siapa pun siswa yang melanggar aturan tersebut. Aturan ini berlaku tanpa pandang bulu. Hal ini demi menjaga kenyamanan dan kelancaran proses belajar mengajar di sekolah kita tercinta ini. Hanya saja kadang pandangan dan penerimaan adanya tata tertib ini seperti sebuah kekangan. Padahal tidak demikian justru sebaliknya.
Ada beberapa nilai positif yang mungkin kalian ada yang belum melihatnya, apa keuntungan adanya tata tertib ini.
Membuat Orang Tua Kita, Guru & Diri Sendiri Bangga..
Tidak ada satu orang tua pun yang tidak bangga kalau anaknya berprestasi disekolah, walaupun beberapa orang tua mungkin gengsi menyatakan dirinya bangga terhadap anaknya.. guru juga pasti bangga sama kita, tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi seorang guru(yang baik) kalo ngeliat murid didikannya berhasil ..
Waktu Kita Jadi Lebih Efektif..
Misalnya, waktu ulangan kita gak belajar , sesudah itu ketika guru menerangkan kita tidak memperhatikan akhirnya nilai ulangan tidak memenuhi nilai standar yg ditentukan, kita juga harus ikut ulangan remedial (beberapa sekolah memiliki kebijakan tersebut). Jika sudah begini jadi buang-buag waktu kan ?
Lebih Mudah Melanjutkan Sekolah
Maksudnya, seandainya kita berprestasi atau nilai di kelas cukup baik beberapa institusi pendidikan akan memberikan keringanan dalam hal pembayaran atau dalam proses pendaftarannya. Contoh : diskon uang sekolah khusus siswa berprestas, PMDK (masuk tanpa tes) yang diadakan beberapa universitas, ada pula sekolah yang menawarkan beasiswa, dll .
Meringankan Biaya Pendidikan
Selain mempermudah kita masuk ke jenjang pendidikan tertentu, dengan belajar yang rajin dan serius kita juga jadi meringankan biaya untuk pendidikan kita, contohnya seperti beasiswa .. cari uang saat ini kan tidak gampang..
Kita Jadi Lebih Dihargai
Ada pepatah mengatakan ‘hargai terlebih dahulu kalo mau dihargai’, sama halnya dengan memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, percaya atau tidak maka guru tersebut jadi lebih mudah dimintai tolong seandainya kita telat mengumpulkan tugas. Atau misalnya saat kita terancam tidak naik kelas guru-guru pasti melihat usaha kita waktu belajar, kita pantas atau tidak naik kelas, dalam rapat dewan guru pasti banyak guru yang membela supaya kita naik kelas..

Anak-anaku sekalian yang bapak banggakan
Inilah betapa indahnya ketika tata tertib diperhatikan dan diterapkan secara sadar oleh semua pihak. Tata tertib bukan sebagai tekanan tetapi oleh semua di pandang sebagai suatu panduang yang membantu kita mengarahkan kepada keberhasilan
Bapak juga menyadari bahwa tidak semua kemampuan otak manusia sama, ada yg cepat mengingat, ada yang lemah dalam berhitung, dll.. tapi kita harus berusaha dan mencoba menjadi yang terbaik yang kita bisa.
Sekian dulu apa yang saat ini bapak sampaikan. Semoga bermanfaat buat semuanya. Dan kalian sebagai siswa di sekolah kita tercinta benar-benar memahami betapa pentingnya tata tertib di sekolah kita ini.
Assalamu Alaikum wr.wb.


Bersiaplah Menghadapi Ujian Nasional

Assalamu alaikum wr.wb.
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anak SMA ........................ yang bapak Cintai
Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada pagi hari yang cerah ini.
Anak-anakku yang bapak banggakan
Kalian mungkin sejak awal kalian sudah menyadari bahwa ada saatnya kalian masuk ke sekolah ini ada pula saatnya kalian mau atau tidak, harus keluar meninggalkan sekolah ini.
Keluar dari sekolah ini yang bapak maksud bukan kalian dikeluarkan karena kasus tertentu. Melainkan keluar karena memang kalian lulus ujian akhir.
Ujian akhir sebagaimana yang kita pahami sebagai ujian nasional merupakan penentu apakah kalian akan lulus atau tidak. Tentu kondisi ini membuat kalian bertanya-tanya dan was-was.
Siap atau tidak, tentu ujian nasional ini pasti akan datang menghampiri kalian. Dan kalian bisa menghitung waktunya dari sekarang yang sudah tidak lama lagi yakni tinggal hitungan hari. Hanya tinggal 24 hari lagi hari yang menentukan itu akan tiba dan Anda harus mau memaksa diri sendiri untuk mempersiapkan diri sejak sekarang.
Belajarlah yang rajin dan tinggalkan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan persiapan kalian menghadapi ujian nasional ini. Kasihanilah diri kalian dengan belajar yang serius sehingga berhasil dengan gemilang.
Jangan bikin orang tua kalian malu dan tentu kalian sendiri juga dengan memperdengarkan hasil ujian yang mengecewakan kalian sendiri dan orang tua yakni tidak lulus.
Kalian harus bisa mengatur waktu lebih ketat lagi untuk mendisiplinkan diri belajar. Inilah modal kalian. Kami para guru tidak mau mendengar ada satu pun siswanya yang gagal ujian nasional.
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anak SMA Negeri ............. yang bapak Cintai
Marilah kita pahami bersama betapa pentingnya persiapan yang harus ditempuh untuk sukses menghadapi ujian nasional. Bersiaplah menghadapi ujian nasional yang sebentar lagi akan tiba.
Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan:
Pertama, Belajarlah yang rajin mulai dari sekarang. Belajarlah lebih keras lagi sehingga kalian merasa benar-benar yakin bahwa kalian sudah menguasai semua materi yang mungkin akan keluar pada soal ujian nasional. Ikutlah bimbel atau pelajaran tambahan yang di adakan di sekolah.
Kedua, Jaga kesehatan. Kesehatan juga sangat penting yang harus kalian jaga. Jaga pola makan. Jaga tubuh kalian dari kemungkinan-kemungkinan yang akan mengundang celaka. Janga ugal-ugalan membawa motor khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan menelang ujian ansional nanti. Apa jadinya saat ujian nasional tiba jika kalian berbaring sakit.
Ketiga, Minta Doa Orang Tua. Do'a adalah unsur penting yang tidak boleh kalian lewatkan. Minta maaf kepada orang tua kalian dan minta do'anya agar kalian di beri kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian nasional nanti.
Jangan terpengaruh isu-isu yang membuat kalian jadi tidak belajar karena mendengar bahwa guru-guru akan membantu Anda saat ujian nasional nanti. memang isu ini sudah tidak asing lagi sudah ada diberbagai berita media masa. Biarkanlah semua itu terjadi dan Anda fokus untuk mempersiapkan ujian nasional.
Sekian apa yang bapak sampaikan. Semoga kalian semua nanti diberi kelancaran dalam menempuh ujian nasional dan semoga menjadi orang-orang sukses di masa depan. Mohon maaf jika ada kata-kata bapak yang tidak berkenan. Semoga ada manfaatnya buat kalian dan semoga ini menjadi renungan kalian.
Wassalamu 'alaikum wr.wb.

Baca Juga :

Amanat Pembina Upacra, "Empat Kerugian Tidak Memiliki Cita-Cita"


Indahnya Memiliki Sopan Santun

Assalamu alaikum wr.wb.
Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anakku seluruh siswa SMA .............. yang bapak banggakan
Assalamu Alaikum wr. wb.
Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Sholawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu dan pimpinan kita, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir jaman.
Kepala Sekolah yang kami hormati, Ibu dan bapak guru yang kami hormati. Dan seluruh anak-anak ku siswa SMA Negeri ............., yang bapak sayangi.
Setiap orang akan sangat merasa senang ketika ada orang berbuat sangat sopan kepada kita. Kata-katanya tidak kasar dan tidak menyakitkan, perbuatannya tidak menyebalkan, enak di ajak berteman, tidak merasa diri lebih pintar atau kaya, dirinya sangat menghargai kita.
Juga sebaliknya, siapapun akan sangat merasa sangat tidak suka kepada orang yang berprilaku tidak sopan. Kata-katanya kasar, suka menghina atau merendahkan, petantang-petenteng. Ketika lewat jangankan permisi mengucapkan kata basa-basi atau menyapa pun tidak.
Mana yang akan kita pilih diantara dua sikap tadi. Menjadi disukai orang atau tidak disukai siapapun. Semua tergantung sopan santun kita.
Kalian tentu sudah di ajarkan baik di sekolah ini, di rumah atau pun di tempat kalian mengaji mengenai pentingnya berbuat sopan santun terhadap sesama. Bagaimana cara berprilaku sopan santun. Kepada siapa saja dan kapan saja. Kepada guru, teman, orang yang lebih muda, orang yang lebih tua atau kepada yang usianya sebaya dengan kalian.
Semakin orang berbuat sopan maka mereka akan semakin di hargai. Tentu siapapun sangat senang memiliki teman yang sopan karena mereka merasa sangat dihargai. Orang yang sopan tahu bagaimana menghargai sesama dan siapapun.
Anak-anak ku siswa SMA Negeri............., yang bapak banggakan...
Kita sebagai warga negara Indonesia sudah tahu bahwa kita adalah bangsa yang memiliki adat ketimuran yang salah satu cirinya memiliki budaya sopan santun. Budaya sopan santun ini tentu harus diterapkan dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja.
Sopan santun harus kita lakukan di sekolah, ditempat umum, ditempat bergaul, dan dimana saja. Sopan santun harus dilakukan kepada siapa pun. Kita harus sopan kepada guru kita di sekolah , kepada guru ngaji kita, kepada ayah dan ibu kita, kepada kakak kita maupun kepada adik kita. Juga kita harus sopan juga kepada sesama seusia kita.
Anak-anak ku semua yang bapak banggakan..
Seperti apakah pribadi yang sopan santun? Pribadi sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun.
Sikap santun yaitu baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada suatu peraturan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita.
Misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi pak, bu…..dalam berteman pun seperti itu. Orang yang sopan mencoba lebih banyak mendengar dan lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda.
Hati-hatilah! Terkadang sopan santun itu hilang pada diri kita, ketika kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan.
Contoh kecilnya saja, ketika kita berbelanja di suatu mall, kita bertanya pada si pelayan dengan baik-baik, tapi si pelayan ini malah menjawabnya dengan ketus, apalagi kalau kita menawar-nawat, dan hanya lihat-lihat tapi akhirnya tidak jadi membeli pasti si pelayan itu akan memasang muka ketus dan perkataan tidak enak, padahal pembeli itu kan raja.
Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun
yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini, pembawaan diri individu itu sendiri, dan sebagainya.
Kemudian sopan santun yang baik dapat dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Pendidikan yang cukup, pembawaan diri yang baik terhadap situasi apapun, tutur kata yang dijaga, terkadang faktor keturunan juga dapat mempengaruhi individu tersebut.
Bagaimana nantinya setiap orang memiliki sikap sopan santun tetapi hanya ukurannya saja yang berbeda dan bagaimana kita mengembangkan sikap itu ?!
Di sekolah seperti di dalam kelas, misalnya, dalam situasi guru sedang menjelaskan pelajaran, lalu lebih memperhatikan seseorang yang ada di depan kita. Ini tentu sikap yang kurang sopan.
Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan, mendengarkan dengan baik, dan bila bertanya pun harus dengan yang baik, kekurangan individu seseorang secara fisik, akan tertutup rapi dan tidak terlihat jika di bungkus dengan sikap sopan santun nya yang melekat dalam hatinya. Mungkin sifatnya yang begitu berhati emas yang mampu menutupi kekurangannya.
Lalu ketika kalian sedang makan di meja makan semua nasi harus bersih dari apapun. Tidak boleh bunyi, dan harus menggunakan sendok dan garpu, setelah selesai makan sendok dan garpu diletakan secara silang dengan posisi sendok di atas dan garpu di bawah.
Masih banyak lagi pengertian sopan santun yang lebih spesifik dan mudah dimengerti, ini hanya bagian penglihatan saja secara kasat mata. Masih banyak perilaku sopan santun dalam prakteknya. Jadilah orang yang di senangi dan disayangi orang lain.
Jadilah orang yang banyak teman dan disukai siapapun dengan cara memiliki sifat sopan santun ini. Semoga dalam diri kita semua terpatri kerpibadian yang memiliki sopan santun. Begitu indah rasanya memiliki teman seperti kalian untuk di ajak bergaul ketika kalian memiliki sopan santun.
Semoga mulai dari sekarang kalian mulai memikirkan dan memeriksa, apakah kalian sudah memiliki sopan santun. Dengan memiliki sikap sopan santun maka disukai teman.
Sekian yang bisa bapak sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.
Assalamu alaikum wr.wb.

dari berbagai sumber 
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amanat Pembina Upacara dan Pidato Sekolah Terbaru"

Post a Comment