Juknis O2SN SMA 2018

O2SN SMA
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan program pembinaan kesiswaan yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2008.
Tahun ini O2SN diselenggarakan di Yogyakarta. Untuk jenjang SMA mempertandingkan 5 (lima) cabang olahraga, yaitu : Karate, Pencak Silat, Atletik, Bulu Tangkis, dan Renang. Para peserta yang akan berkompetisi di tingkat nasional ini adalah para siswa yang telah lolos melalui seleksi ketat
mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi.
O2SN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi, memotivasi, dan juga mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa di bidang olahraga. Selain itu, O2SN merupakan ajang pembinaan dan penumbuhan karakter siswa, baik dalam sikap, mental, sportivitas, kejujuran, dan solidaritas,
seiring dengan upaya penguatan pendidikan karakter. Kehadiran anak-anak berbakat dari penjuru Indonesia dalam ajang ini juga sebagai sarana untuk membangun rasa kebersamaan dan persatuan sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga : Amanat pembina upacara dan pidato sekolah terbaru

Tujuan penyelenggaraan O2SN ini adalah untuk

  1. Meningkatkan pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan dan kesehatan jasmani peserta didik SMA/MA;
  2. Menumbuhkan sikap dan perilaku hidup sehat peserta didik SMA/ MA melalui kecintaan terhadap aktivitas olahraga;
  3. Menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik SMA/MA di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
  4. Memacu peningkatan mutu pendidikan jasmani dan kesehatan pada jenjang pendidikan menengah;
  5. Meningkatkan kreativitas peserta didik SMA/MA dalam bidang olahraga;
  6. Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda Indonesia;
  7. Memberikan kesempatan kepada peserta didik SMA/MA untuk mengenali dan memahami  keragaman budaya dari berbagai wilayah Indonesia;
  8. Menumbuhkan motivasi peserta didik SMA/MA untuk menguasai dan meraih prestasi di bidang olahraga;
  9. Menjaring peserta didik unggul SMA/MA dalam bidang olahraga untuk diikutsertakan dalam kompetisi olahraga tingkat internasional.

Cabang yang dilombakan


o2sn sma

Persyaratan umum peserta O2SN 

  1. Peserta siswa SMA/MA/Sederajat yang duduk di kelas X atau XI pada tahun pelajaran 2017/2018.
  2. Usia peserta berbatas akhir kelahiran tahun 2000.
  3. Peserta menyerahkan fotokopi Surat Tanda Kelulusan (STKL) SMP (legalisir), fotokopi rapor (legalisir), fotokopi kartu pelajar/OSIS, pasfoto, dan fotokopi akta kelahiran/surat keterangan lahir (legalisir) kepada Panitia pada saat registrasi.
  4. Peserta wajib menyerahkan a. surat keterangan sehat dari dokter, b. surat keterangan bebas narkoba dari sekolah, c. Peserta belum pernah menjuarai ajang Internasional (meraih medali emas, perak, perunggu) pada cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti pada O2SN saat menempuh pendidikan di jenjang SMA.
  5. Peserta belum pernah meraih medali emas,perak, dan perunggu dalam O2SN-SMA tingkat nasional.
  6. Peserta tidak berasal dari sekolah binaan Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP), Pusat Pembinaan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD),dan SMA Sekolah Khusus Olahraga di seluruh Indonesia.
  7. Peserta tidak sedang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).
  8. Peserta Tingkat Kabupaten/Kota adalah peserta juara pertama yang diusulkan oleh Kepala Sekolahdengan melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  9. Peserta Tingkat Provinsi adalah peserta juara pertama hasil Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota dengan melampirkan Surat Keterangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.
  10. Peserta Tingkat Nasional adalah peserta juara pertama hasil Seleksi Tingkat Provinsi dengan melampirkan Surat Keterangan dari Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing.
  11. Peserta wajib menjaga dan menjujung tinggi sportivitas dan fairplay. Apabila tidak sesuai dengan persyaratan di atas, peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti O2SN Tahun 2018.

Persyaratan Pelatih

  1. Pelatih yang mendampingi atlet adalah pelatih yang sudah mengikuti penataran kepelatihan minimal Tingkat Provinsi dan ditunjuk berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan Provinsi.
  2. Pelatih wajib menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari dokter kepada Panitia.
  3. Pelatih wajib mendampingi peserta selama kegiatan O2SN berlangsung.
  4. Pelatih wajib menjaga dan menjujung tinggi sportivitas dan fairplay.
Baca Juga :

Jadwal O2SN



Untuk lengkapnya silahkan baca DISINI

Demikian Semoga bermanfaat




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juknis O2SN SMA 2018"

Post a Comment