Kisi Kisi Soal UKK SMK 2018 Lengkap Terbaru

UKK SMK 2018

Kisi Kisi UKK SMK 2018 Lengkap
Ujian Nasional bagi peserta didik SMK merupakan bagian dari proses penilaian dalam mengukur ketercapaian tujuan institusional pendidikan, ujian nasional bukan merupakan tujuan akhir dari pendidikan, akan tetapi merupakan tujuan dari dihasilkannya tamatan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
Ujian Nasional untuk kejuruan SMK dilaksanakan dalam bentuk Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Hasil Uji Kompetensi Keahlian peserta didik menjadi indikator standar kompetensi lulusan. sedangkan bagi stakeholder akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja, untuk itu diperlukan perangkat dan mekanisme untuk memperkuat pengakuan dari pihak stakeholder. 
Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yakni bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin kualitas pengajaran pada satuan pengajaran Sekolah Menengah Kejuruan. Progres UKK bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian kompetensi siswa pada tingkatan tertentu pantas Kompetensi Keahlian yang dicapai selama masa pelajaran di SMK. UKK diselenggarakan sebelum proses Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan.


Ujian Praktik Kejuruan bisa dilakukan menerapkan standar yang diatur oleh industri, Institusi Sertifikasi Pekerjaan dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan di Daerah-daerah uji kompetensi.


Inilah Link kisi kisi UKK SMK 2018.KISI KISI UKK SMK 2018

Perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas :
  1. Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST). Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan ialah konsep, prinsip-prinsip, prosedur, materi,bahan, dan lain-lain yang sepatutnya dikendalikan peserta uji dalam melakukan profesi bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan terbuka untuk lazim.

  2. Soal Teori Kejuruan (STK) yaitu berupa soalpilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Soal Teori Kejuruan terdiri dari teladan Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper-based Test) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer-based Test).

  3. Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP). Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan ialah kompetensi utama Standar Kompetensi danKompetensi Dasar yang sepatutnya dikendalikan peserta uji dalam melakukan profesi bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Praktik kejuruan diaplikasikan sebagai rujukan dalam pembuatan perangkat ujian praktik kejuruan (Soal Praktik Kejuruan, LembarPedoman Pengevaluasian, dan Instrumen Verifikasi)

  4. Soal Praktik Kejuruan (SPK) yaitu berupa penugasan bagi peserta uji untuk membikin atau pelaksanaan dan melaksanakan suatu produk/jasa

  5. Lembar Petunjuk Pengevaluasian Soal Praktik (PPsp) yaitu rubrik yang diaplikasikan untuk pemberian poin tiap bagian pengevaluasian. Lembar pengevaluasian memuat bagian pengevaluasian, sub-bagian pengevaluasian, pencapaian kompetensi, dan kriteria pengevaluasian.

  6. Instrument Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) yaitu instrumen yang diaplikasikan untuk mengukur kepantasan satuan pengajaran atau lembaga lain sebagai daerah penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar syarat kelengkapan utama, standar syarat kelengkapan penyokong,standar syarat daerah/ruang serta memuat syarat penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal

Inilah Link kisi kisi UKK SMK 2018.KISI KISI UKK SMK 2018

Baca Juga :
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Cara Menentukan KKM Kurikulum 2013
Penilaian dalam Kurikulum 2013 SMA 2017
Mengintegrasikan-ppk-literasi-4c-dan Hots dalam RPP Kurikulum 2013 revisi

Demikian Semoga Bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi Kisi Soal UKK SMK 2018 Lengkap Terbaru"

Post a Comment