Pengayaan merupakan program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai dan/atau melampaui KKM.
Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari. Pengayaan biasanya diberikan segera setelah peserta didik diketahui telah mencapai KKM berdasarkan hasil penilaian harian.
Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan satu kali, tidak berulang kali sebagaimana pembelajaran remedial.
Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian. Jadi dalam hal ini berbeda perlakuannya dengan remedial.
Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari. Pengayaan biasanya diberikan segera setelah peserta didik diketahui telah mencapai KKM berdasarkan hasil penilaian harian.
Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan satu kali, tidak berulang kali sebagaimana pembelajaran remedial.
Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian. Jadi dalam hal ini berbeda perlakuannya dengan remedial.
Mengapa diperlukan program pengayaan?
Dengan memperhatikan
prinsip perbedaan individu (kemampuan awal, kecerdasan, kepribadian,
bakat, potensi, minat, motivasi belajar, gaya belajar) tersebut, maka
program pengayaan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan/hak anak. Dalam
program pengayaan, guru memfasilitasi peserta didik untuk memperkaya
wawasan dan keterampilannya serta mampu mengaplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
Butuh Aplikasi Untuk Analisis Ulangan Harian Sedot Disini
Baca Tentang Program Remedial, Disini
ketika
peserta didik teridentifikasi telah melampaui ketuntasan belajar yang
ditentukan oleh kurikulum. Guru perlu mengantisipasi dengan menyiapkan
program-program atau aktivitas yang sesuai KD untuk memfasilitasi
peserta didik.
Butuh Aplikasi Untuk Analisis Ulangan Harian Sedot Disini
Baca Tentang Program Remedial, Disini
Siapa yang terlibat dalam program pengayaan?
Yang melakukan
identifikasi, perencanaan dan pelaksanaan program pengayaan adalah guru
kelas atau mata pelajaran. Apabila diperlukan, guru dapat melakukan kerjasama dengan
narasumber (apabila dibutuhkan) dalam melaksanakan program pengayaan.
Bentuk Pelaksanaan
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui:- Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik berupa pemecahan masalah nyata. Selain itu, secara kelompok peserta didik dapat diminta untuk menyelesaikan sebuah proyek atau penelitian ilmiah.
- Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati, menjadi tutor bagi teman yang membutuhkan. Kegiatan pemecahan masalah nyata, tugas proyek, ataupun penelitian ilmiah juga dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri jika kegiatan tersebut diminati secara individu.
- Pembelajaran berbasis tema, yaitu pembelajatan terpadu yang memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. Melalui pembelajaran tematik dapat mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.
Bagaimana program pengayaan dilakukan?
Program pengayaan
diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui ketuntasan belajar
dengan memerlukan waktu lebih sedikit daripada teman-teman lainnya. Waktu
yang masih tersedia dapat dimanfaatkan peserta didik untuk
memperdalam/memperluas atau mengembangkan hingga mencapai tahapan
networking (jejaring) dalam pendekatan ilmiah (scientific approach).
Guru dapat memfasilitasi
peserta didik dengan memberikan berbagai sumber belajar, antara lain:
perpustakaan, majalah atau koran, internet, narasumber/pakar, dll.
Sekolah tertentu, khususnya yang memiliki peserta didik lebih cepat dalam belajar dibanding sekolah-sekolah pada umumnya, dapat menaikkan tuntutan kompetensi melebihi standar isi. Misalnya sekolah-sekolah yang menginginkan memiliki keunggulan khusus.
Sekolah tertentu, khususnya yang memiliki peserta didik lebih cepat dalam belajar dibanding sekolah-sekolah pada umumnya, dapat menaikkan tuntutan kompetensi melebihi standar isi. Misalnya sekolah-sekolah yang menginginkan memiliki keunggulan khusus.
Baca Juga :
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Cara Menentukan KKM Kurikulum 2013
Penilaian dalam Kurikulum 2013 SMA 2017
Demikianlah uraian singkat mengenai program pengayaan. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Program Pengayaan Pada Kurikulum 2013"
Post a Comment