Artikel buku Kurikulum 2013 revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTs ini melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan buku Kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 7 SMP/MTs. Buku K13 untuk kelas VIII memang tidak luput dari revisi.
Sehingga bagi madrasah yang tahun sebelumnya telah menjalankan Kurtilas untuk siswa kelas VIII tampaknya harus menggunakan buku baru, edisi revisi 2017.
Madrasah yang termuat dalam SK Dirjen Nomor 3932 Tahun 2016, SK Dirjen Nomor 481 Tahun 2015, dan SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2015 memang pada Tahun Pelajaran 2016/2017 silam telah menjalankan Kurikulum 2013. Pelaksanaannya ada yang baru pertama kalinya untuk siswa kelas 8, namun juga ada yang telah melaksanakannya sejak tahun sebelumnya.
Terkait Buku Siswa dan Buku Guru pegangan Kurikulum 2013 memang telah mengalami beberapa perbaikan dan revisi. Buku ini pertama kali dicetak pada 2014 dan mengalami revisi pada tahun 2017. Buku Kurikulum 2013 yang digunakan saat ini tentunya adalah buku edisi revisi terbaru, 2017.
Buku Kurikulum 2013 sebenarnya dapat diunduh secara gratis di situs http://buku.kemdikbud.go.id. Namun untuk memudahkan para pencarinya, Blog Ayo Madrasah memberikan mirror link download sebagai alternatif untuk mengunduh buku-buku tersebut.
Baca Juga:
Buku Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Rev 2017 kelas 2 SD/Mi
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 SD/MI
BukuKurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas VII SMP/MTs
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8
Buku Kur 13 Rev 2017 Kelas X dan XI SMA
Buku Siswa Kurikulum 2013
Buku Siswa Kurikulum 2013 yang ditetapkan oleh pemerintah memiliki ketentuan sebagai berikut.
- Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran.
- Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku
siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan peserta didik
dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan
kemampuan sekolah, guru, dan peserta didik. Pengembangan dan atau
penambahan kegiatan dimaksudkan
- untuk
memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan
yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang
dikembangkan.
- Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi
semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan
dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik, guru, sekolah, dan
lingkungan.
- Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi peserta
didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau
tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan tugas tersebut peserta
didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, peserta didik
dapat menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab.
Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian
kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi,
latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan
Buku Siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan memahami bagian
pengantar bab atau sub-bab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia,
mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan
informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan
bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal
untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
- Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran.
- Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan peserta didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan
- untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
- Kegiatan-kegiatan dalam buku siswa sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik, guru, sekolah, dan lingkungan.
- Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi peserta didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan tugas tersebut peserta didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, peserta didik dapat menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian kegiatan siswa baik eksperimen maupun non eksperimen atau diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan Buku Siswa oleh peserta didik disarankan dimulai dengan memahami bagian pengantar bab atau sub-bab, melakukan kegiatan-kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi dengan informasi konsep yang ada di buku. Uraian materi lainnya merupakan bagian untuk memperdalam pemahaman konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara individual.
Buku Guru Kurikulum 2013
Buku
Guru dalam Impelemntasi Kurikulum 2013 merupakan pedoman bagi guru
dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan,
dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa.
Buku
ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
a.
Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku
positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir
tingkat tinggi,kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreaktivitas,
dan pribadi reflektif;
b. Berbagai teknik penilaian peserta didik;
c. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan;
d.
Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan
kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan
belajar peserta didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku
Guru digunakan guru sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses
pembelajaran dan penilaian di kelas.
Secara khusus Buku Guru berfungsi
sebagai berikut.
a. Membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b.
Memberikan gagasan dalam rangka mengembangkan pemahaman, keterampilan,
dan sikap serta perilaku dalam berbagai kegiatan belajar mengajar;
c.
Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik
melalui berbagai ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian;
dan
d. Mengembangkan metode yang dapat memotivasi peserta didik
untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari peserta
didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu
petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran
pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran
berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan
pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan
metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta
prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk
khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada
Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan
pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya
bagian ini berisi: peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan
materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi
waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya
pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka,
mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan
media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi
tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian
antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku
guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan
jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah,
terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat
menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
b. Berbagai teknik penilaian peserta didik;
c. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa
Buku Guru digunakan guru sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.
Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan gagasan dalam rangka mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta perilaku dalam berbagai kegiatan belajar mengajar;
c. Memberikan gagasan contoh pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik melalui berbagai ragam metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode yang dapat memotivasi peserta didik untuk selalu menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Buku Guru terdiri atas dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran yang meliputi pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan sumber belajar serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari beberapa bab sesuai dengan materi pada Buku Siswa, yakni berisi informasi bagi guru untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi: peta konsep untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka.
Selanjutnya pada bagian ini terdapat uraian pembelajaran untuk setiap tatap muka, mulai dari IPK, alternatif kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran.
Bagian penilaian berisi informasi tentang teknik dan bentuk penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku guru dan buku siswa merupakan standar minimal yang dapat dikembangkan jika guru merasa perlu mengembangkannya sesuai dengan kondisi sekolah, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan bahan praktikum atau media belajar
1. Link Buku Kurtilas Revisi 2017 Kelas VIII SMP/MTs
Untuk mengunduh buku-buku Kurikulum 2013 untuk siswa kelas VIII SMP/MTs dapat menggunakan link download yang disediakan oleh Ayo Madrasah sebagaimana di bawah ini.
Adapun daftar buku dan link untuk setiap mata pelajaran adalah sebagai berikut:
- Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas VIII SMP/MTs
- Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru IPA Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru IPS Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Matematika Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru PAI Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru PJOK Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru PPKn Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Prakarya Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Guru Seni Budaya Kelas VIII Revisi 2017; DOWNLOAD
- Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas VIII SMP/MTs
- Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa IPA Kelas VIII Revisi 2017 Semester 1; Klik Disini
- Buku Siswa IPA Kelas VIII Revisi 2017 Semester 2; Klik Disini
- Buku Siswa IPS Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017 Semester 1; Klik Disini
- Buku Siswa Matematika Kelas VIII Revisi 2017 Semester 2; Klik Disini
- Buku Siswa PAI Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa PJOK Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa PPKn Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Prakarya Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
- Buku Siswa Seni Budaya Kelas VIII Revisi 2017; Klik Disini
Khusus untuk Buku mata pelajaran PAI, Madrasah Tsanawiyah menggunakan buku tersendiri yang meliputi pelajaran mata pelajaran Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.
Dengan tersedianya link wirror download tersebut, semoga lebih memudahkan para guru, siswa, dan orang tua siswa dalam mendapatkan file Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTs.
Baca Juga:Demikian Semoga Bermanfaat
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Mengintegrasikan-ppk-literasi-4c-dan Hots dalam RPP Kurikulum 2013 revisi
Silabus dan RPP Kelas I SD/MI Kurikuum 2013Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas IV SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus dan RPP Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
0 Response to "Buku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTs"
Post a Comment