Soal Penilaian Tengah Semester PTS UTS Tema 1 Kelas IV Sem 1

Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Waktu : 90 Menit

1. Persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan....
a. Pribadi
b. bersama
c. Kelompok
d. Teman

2. Sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan adalah
a. Mengejek teman yang berbeda agama
b. Hanya berteman dengan teman yang kaya
c. Berteman dengan teman yang seagama saja
d. Bekerjasama dalam keberagaman di kelas

3. Kerjasama dalam keberagaman bermanfaat untuk
a Menghemat uang, tenaga dan waktu
b. Memperbanyak pekerjaan
c. Memperberat pekerjaan
d. Memperbanyak perselisihan

4. Salah satu contoh kegiatan yang mencerminkan sikap kerjasama dalam keberagaman agama adalah
a. Bermain dengan teman yang berasal dari daerah lain
b. Bekerjasama dalam permainan dengan teman yang berbeda agama
c. Bermain engklek dengan teman yang seagama saja
d. Belajar kelompok dengan teman yang berbeda jenis kelamin

5. Apa yang kamu lakukan bersama teman temanmu jka terjad! perbedaan pendapat dalam belajar atau bermain?
a Menyetujui pendapat teman yang pintar
b. Bermusyawarah mencari mufakat
c Mengejek pendapat-pendapat teman
d. Memaksakan pendapat kepada teman
6. Pekerjaan yang dikerjakan secara bersama sama disebut........

7. Gotong royong membuat jembatan adalah salah satu contoh kerjasama di lingkungan........

8. Siti dan teman-temannya berbeda agama Akhir-akhir ini penjual makanan di kantin sekolahnya tampak sedih karena anaknya yang sedang sakit di rumah. Sikap yang sebaiknya dilakukan oleh Siti dan teman-temannya adalah .......

9. Tulislah 3 contoh keberagaman yang ada di Indonesia....
10. Tulislah 3 contoh kegiatan yang membutuh kan kerjasama di lingkungan sekolah....

11. Gagasan pendukung adalah.....
a. Ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan
b. Uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok
c. Uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pendukung
d. Kalimat inti yang terdapat dalam satu paragraf

12. Bacalah teks berikut dengan teliti!
Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagal peralatan danperlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas tersusun di pojok kiri lapangan. Di poiok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat dan beberapa peralatan lain. Apa dikerjakan oleh warga hari ini?

Gagasan pokok dari paragraf  diatas adalah.
a. Beberapa drumkosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan
b. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain
c. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
d. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan

13. Bacalah teks berikut dengan teliti!
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Gagasan pendukung dari paragraf di atas adalah
a. Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.
b. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang
C. Tari Kipas Pakarena merupakan tarian
d. Masyarakat Gowa sangat menyukai Tari Kipas Pakarena

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 14 dan 15
Edo dan kelima temannya mendapat tugas melakukan percobaantentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya.Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lina dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan. Saat percobaan akan dimulai,tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat.
Teman-temannya mengijinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Protestan, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat
Beni yang beragama Protestan, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Budha menunggu dengan sabar temannya beribadah.
Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lainnya.

14. Gagasan pokok dari paragraf ke dua
a. Edo dan kelima temannya mendapat
b. Meskipun Edo beragama Protestan, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk sholaat
c. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain
d. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan

15. Gagasan pendukung dari paragraf pertama adalah
a. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
b. Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi
c. Teman-temannya mengijinkan mereka untuk melakukan ibadah
d. Meskipun Edo beragama Protestan, ia tidak kebaratan rumahnya dipakai untuk shalat

16. Ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf disebut ....

Bacalah teks berikut dengan teliti untul menjawab soal nomor 17
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bcsan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti.

17. Gagasan pokok pada paragrąf di atas terdapat pada kalimat ke......
18. Langkah pertama yang dilakukan sebelum membuat ringkasan adalah ....

Bacalah teks berikut dengan teliti untuk menjawab soal nomor 19!
Setelah kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka siap jika musim hujan tiba.
Gagasan pokok dari paragraf di atas adalah...

Bacalah teks berikut dengan teliti untuk menjawab soal nomor 20!
Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas vang disebut Rumah Gadang. Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok.. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapat Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong

20. Tulislah 3 gagasan pendukung dari paragraf di atas!
21. Bunyi tidak dapat merambat melalui..
a. Ruang hampa
b. Benda padat
c. Benda gas
d. Benda cair

22. Salah satu contoh sumber bunyi adalah...
a. Gendang di atas meja
b. Peluit di dalam saku
c. Meja yang dipukul
d. Seruling dalam lemari

23. Telinga berfungsi untuk.
a. Penghias kepala
b. Mendengarkan bunyi
C. Mencium bau
d. Melihat benda

24. Bagian telinga yang pertama kali merasakan getaran bunyi adalah
a. Tulang pendengaran
b. Rumah siput
c. Saraf pendengaran
d. Gendang telinga

25. Benda yang dapat menyerap bunyi adalah
a. Kaca
b  Spons
c. Dinding
d. Batu

26. Bunyi berasal dari benda yang......
27. Bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli disebut....
28. Pemantulan bunyi terjadi kareną, getaran bunyi mengenai benda yang ....
29. Tulis 3 cara memelihara telinga...
30. Bunyi audiosonik adalah...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Penilaian Tengah Semester PTS UTS Tema 1 Kelas IV Sem 1"

Post a Comment