Modul PKB SMP 2017

Modul PKB SMP 2017

Modul PKB SMP 2017 - Guru berkewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai esensi pembelajar seumur hidup. Untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan tersebut, dikembangkan modul untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berisi topik-topik penting. Adanya modul ini memberikan kesempatan kepada guru untuk belajar lebih mandiri dan aktif. Modul ini juga digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan diklat tatap muka langsung atau tatap muka kombinasi (in-on-in).

Modul PKB Guru Pembelajar disusun sebagai bentuk fasilitasi bagi guru guna meningkatkan wawasannya mengenai karakteristik siswa, permasalahan siswa,potensi siswa, dan kesulitan belajar siswa beserta cara mengatasinya. Perbedaannya dengan modul tahun lalu (2016) antara lain adalah pada tahun 2017 modul ini telah mengintegrasikan nilai-nilai utama karakter pada Gerakan PPK dalam rangka mendukung implementasi Gerakan PPK di sekolah dan kelas serta pengembangan soal. Penerapan nilai-nilai utama karakter pada PPK tersebut terintegrasi dalam komponen kegiatan pembelajaran.

Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu:
1) Moda Tatap Muka,
2) Moda Daring Murni (online), dan
3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi  antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi.

Modul PKB Guru Pembelajar ini disusun sebagai bentuk fasilitasi bagi guru guna meningkatkan wawasannya mengenai karakteristik siswa, permasalahan siswa,potensi siswa,dan kesulitan belajar siswa beserta cara mengatasinya. Perbedaannya dengan modul tahun lalu (2016) antara lain adalah pada tahun 2017 modul ini telah mengintegrasikan nilai-nilai utama karakter pada Gerakan PPK dalam rangka mendukung implementasi Gerakan PPK di sekolah dan kelas serta pengembangan soal. Penerapan nilai-nilai utama karakter pada PPK tersebut terintegrasi dalam komponen kegiatan pembelajaran.
Berikut link untuk download Modul dan Perangkat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2017.

Modul dan Perangkat PKB Guru Tahun 2017 (Edisi Revisi)

Modul PKB untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)

3. PPKN

Tambahan

Modul PKB untuk Sekolah Dasar (SD):

1. SD Kelas Awal
2. SD Kelas Tinggi
3. SD PJOK
4. SD Seni Budaya


Baca juga :
Kisi-kisi soal Pretest PPG 2018
Cara Menentukan KKM Kurikulum 2013
Penilaian dalam Kurikulum 2013 SMA 2017
Kisi-kisi UASBN dan UN Ujian Nasional 2018
Kisi-kisi UAMBN (PAI dan Bahasa Arab) 2018
 
Demikian, semoga bermanfaat bagi kita semua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modul PKB SMP 2017"

Post a Comment