Kisi-Kisi Ujian UASBN PAI SD 2017 KTSP

kisi kisi USBN PAI

Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI SD 2017 TP 2016/2017 Kurikulum 2006. Dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2016/2017, alangkah baiknya siswa SD/MI  mempelajari materi PAI SD Kelas 6 yang sesuai dengan kisi-kisi soal USBN SD Tahun 2017. Selain mempelajari materi PAI, peserta didik kelas enam SD yang juga harus bisa membagi waktu dalam mempelajari materi USBN SD 2017 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Adapun untuk kisi-kisi soal USBN PAI SD bisa diunduh pada link di bawah ini.


Silakan Download Kisi-Kisi USBN PAI SD Tahun Pelajaran 2016/2017


Kisi-Kisi USBN SD 2017 Mapel PAI memuat Standar Kompetensi, Kemampuan yang Diuji, Indikator Soal, dan Nomor Soal.

Soal USBN SD 2017 Mapel PAI terdiri dari 50 soal pilihan ganda.


Standar Kompetensi dan Indikator Soal Nomor 1-50

Standar Kompetensi: Membaca Surat-Surat al-Qur’an

  1. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, atau al-Kafirun yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut dengan benar. 1 benar.
  2. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Ma’un, al-Fiil, al-Qadr, al-‘Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13 yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut dengan benar.
  3. Disajikan beberapa ayat secara acak dari salah satu surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, atau al-’Alaq ayat 1-5, peserta didik dapat menentukan urutan ayat-ayat dalam surat tersebut dengan benar.
  4. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, atau al-Kafirun, peserta didik dapat menentukan hukum tajwid pada ayat yang digaris bawahi dengan benar.
  5. Disajikan beberapa ayat dari Surat, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dengan benar.

Standar Kompetensi: Mengartikan al-Qur’an Surat pendek pilihan

  1. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, peserta didik dapat menentukan arti yang sesuai dengan ayat dengan benar
  2. Disajikan beberapa arti ayat dari Surat Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai arti dengan benar
  3. Disajikan table ayat dan arti dari beberapa Surat Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13, peserta didik dapat menentukan pasangan
  4. Disajikan pernyataan tentang isi pokok salah satu surat al-Lahab, al-Kafirun, al-Ma’un, al-Fiil, dan al-Qadr, peserta didik dapat menentukan surat yang sesuai dengan pernyataan dengan benar
  5. Disajikan kutipan ayat dari Surat pilihan Surat al-’Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13, peserta didik dapat menunjukkan isi pokok ayat tersebut.

Standar Kompetensi: Mengenal sifat wajib Allah Swt. Mengenal sifat mustahil Allah Swt. Mengenal sifat jaiz Allah SWT

  1. Disajikan tabel yang belum lengkap tentang sifat wajib atau mustahil Allah Swt dengan artinya, peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut dengan benar
  2. Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik menentukan sifat Allah yang seuai dengan contoh tersebut dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal Malaikat dan tugasnya

  1. Disajikan pernyataan tentang tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan nama malaikat yang sesuai dengan tugasnya dengan benar.

Standar Kompetensi: Mengenal kitab-kitab Allah SWT

  1. Disajikan pernyataan tentang kitab Allah Swt, peserta didik menentukan fungsi kitab-kitab Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Standar Kompetensi: Mengenal rasul-rasul Allah SWT

  1. Disajikan tabel yang tidak lengkap tentang sifat wajib, Mustahi, atau Jaiz rasul, peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut dengan benar
  2. Ditampilkan nama-nama rasul Allah, peserta didik dapat menentukan rasul Ulul Azmi dengan benar

Standar Kompetensi: Meyakini adanya hari Akhir 

  1. Ditampilkan contoh-contoh kiamat, peserta didik dapat menentukan contoh kiamat sugra atau kubra dengan benar
  2. Disajikan deskripsi tentang kejadian hari akhir, peserta didik dapat menentukan nama hari akhir yang sesuai deskripsi dengan benar

Standar Kompetensi: Meyakini adanya Qadha danQadar

  1. Disajikan deskripsi tentang qada dan qadar peserta, didik dapat menentukan contoh qada atau qadar dengan benar
  2. Disajikan contoh-contoh kejadian dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan beberapa contoh takdir mubram atau mu’alak dengan benar

Standar Kompetensi: Membiasakan perilaku terpuji

  1. Disajikan beberapa pernyatan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan perilaku yang menunjukan keteladanan Nabi Adam atau masa kanak-kanan Nabi Muhammad saw. dengan benar
  2. Disajikan petikan kisah Nabi Adam atau Masa kanak-kakak Nabi Muhammad, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku terpuji yang dapat diteladani dengan benar
  3. Disajikan petikan kisah Nabi Ibrahim as atau Nabi Ismail a.s, peserta didik dapat menentukan perilaku terpuji yang dapat diteladani dengan tepat.
  4. Disajikan beberapa perilaku terpuji sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap yang menunjukan kesabaran nabi Ayub, keberanian perjuangan Nabi Musa, dan tolong menolong nabi Isa dengan benar.
  5. Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi kedermawanan Khalifah Abu bakar ra atau ketegasan Umar bin Khattab ra dengan benar.
  6. Disajikan petikan kisah Abu bakar ra atau Umar bin Khattab ra, peserta didik dapat menujukan perilaku terpuji yang dapat diteladani dengan benar.

Standar Kompetensi: Menghindari Perilaku tercela

  1. Disajikan beberapa pernyataan tentang contoh kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki atau bohong dengan tepat
  2. Disajikan kisah dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan perilaku dengki atau bohong, peserta didik dapat menentukan akibat perilaku tercela tersebut dengan benar.

Standar Kompetensi: Membiasakan perilaku terpuji

  1. Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukan perilaku yang mencerminkan kegigihan kaum Muhajirin dengan tepat.
  2. Disajikan petikan kisah kaum Muhajirin atau kaum Ansar peserta didik dapat menentukan perilaku yang dapat diteladani dengan tepat

Standar Kompetensi: Melaksanakan shalat dengan tertib

  1. Disajikan beberapa gambar gerakan shalat, peserta didik dapat menentukan urutan gerakan shalat dengan benar
  2. Disajikan salah satu gambar gerakan shalat, peserta didik dapat menentukan bacaan sesuai gambar dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal ketentuan ketentuan shalat

  1. Disajikan deskripsi shalat, peserta didik dapat menentukan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah-sunah, atau hal-hal yang membatalkan shalat dengan benar
  2. Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat menentukan beberapa ketentuan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah shalat, atau,\hal-hal yang membatalkan shalat dengan benar

Standar Kompetensi: Melaksanakanzikir dan doa

  1. Disajikan salah satu lafal zikir atau doa setelah shalat, peserta didik dapat menentukan lafal atau doa dengan benar

Standar Kompetensi: Mengumandangkan adzan dan iqomah

  1. Disajikan beberapa lafal, peserta didik dapat menentukan beberapa lafal adzan atau iqomah dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal puasa wajib

  1. Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat menentukan syarat syah, syarat wajib, rukun, sunah, atau hal-hal yang membatalkan puasa dengan tepat
  2. Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah beribadah, peserta didik dapat menentukan hikmah puasa dengan benar

Standar Kompetensi: Mengenal ibadah bulan romadhan

  1. Disajikan pernyataan ibadah sunnah, peserta didik dapat menunjukkan ibadah sunnah yang terdapat di bulan Ramadhan

Standar Kompetensi: Mengetahui kewajiban zakat

  1. Disajikan tabel tentang ketentuan zakat, peserta didik dapat menentukan pasangan ketentuan zakat dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah nabi

  1. Disajikan narasi tentang kisah nabi, peserta didik dapat mengidentifikasi kisah yang terjadi pada masa Nabi Adam as, kelahiran Nabi Muhammad saw atau masa anak-anak Nabi Muhammad dengan benar
  2. Disajikan deskripsi tentang silsilah keluarga Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as, peserta didik dapat menentukan nama ayah, ibu, nenek, atau hubungan keluarga dengan benar
  3. Disajikan bukti-bukti kenabian, peserta didik dapat mengidentifkasi bukti-bukti kenabian Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as dengan benar
  4. Disajikan tabel tentang nama nabi dan kaumnya, peserta didik dapat menentukan sebutan bagi kaum Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah sahabat nabi

  1. Disajikan beberapa pernyataan tentang kisah sahabat Nabi, peserta didik dapat menentukan kisah yang terjadi pada sahabat Abu Bakar ra atau Umar bin Khattab ra. dengan benar
  2. Disajikan deskripsi tentang kisah sahabat Nabi, peserta didik dapat mengidentifikasi keberhasilan yang dilakukan oleh sahabat Abu Bakar ra atau Umar bin Khattab ra dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal atau Musailamah Al Kazab

  1. Disajikan beberapa kisah penentang dakwah rasulullah, peserta didik mengidentifikasi kisah Abu Lahab, Abu Jahal, atau Musailamah Al Kazab terhadap Rasulullah dengan benar.
  2. Disajikan beberapa nama asli tokoh penentang rasul, peserta didik dapat mengidentifikasi nama asli Abu Lahab, Abu Jahal atau Musailamah Al Kazab dengan benar

Standar Kompetensi: Menceritakan kisah kaum Muhajirin atau Anshar

  1. Disajikan beberapa nama tokoh, peserta didik dapat menentukan tokoh kaum Muhajirin atau kaum Anshar dengan benar
  2. Disajikan beberapa petikan kisah, peserta didik dapat mengidentifikasi kisah yang terjadi pada kaum Muhajirin dan Anshar dengan benar.

Demikian, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-Kisi Ujian UASBN PAI SD 2017 KTSP"

Post a Comment